teori konstruktivisme

salam hangat teman-teman semuanya, apakah hari ini anda masih bernafas
hahaha, itu cuma bagian pembuka dari saya
kali ini saya akan mempostingkan tentang teori konstruktivisme. teori ini saya dapat ketika saya mengambil mata kuliah psikologi belajar dan pembelajaran di semester 4. tentunya Anda tahu bahwa saya kuliah di STKIP ST. PAULUS RUTENG 
selanjutnya silakan baca untuk teman-teman semua dan semoga tulisan saya bermanfaat untuk anda semua

Konstruktivisme
A.    Pengertian Teori Konstruktivisme
Asal kata konstruktivisme adalah “to conctuct” yang artinya membangun atau menyusun .Menurut Carin (dalam anggriamurti,2009) bahwa teori konstruktivisme adalah teori belajar yang menekankan bahea para siswa sebagai penelajar tidak menerima begitu saja pengetahuan yang mereka dapatkan,tetapi mereka secara aktif membangun pengetahuan secara individual.
Teori konstruktivisme didefenisikan sebagai pembelajaran yang begsifat generative,yaitu tindakan yang menciptakan ssuatu makna dari apa yang dipelajari.Piaget menyatakan bahwa dalam pikiran seorang anak dengan kegiata asimilasi dan akomodasi sesuai dengan schemata yang dimilikinya proses tersebut meliputi:
v  Skema/Skemata
Adalah struktur kognitif yang dengannya seseorang beradaptasi dan terus mengalami perkembangan mental dalam interaksinya dalam pikiran.Skema juga berfungsi sebagai kategori kategori untuk mengidentifikasikan  ransangan yang datang dan terus berkembang.
v  Asimilasi
Adalah proses kognitif perubahan skema yang tetap mempertahankan konsep awalnya,hanya menambahkan atau merinci.Akomodasi adalah proses pembentukan skema karena konsep awal sudah tidak cocok lagi.
v  Equalibrasi
Adalah proses keseimbangan antara asimilasi dan akomodasi sehingga seorang dapat menyatukan pengalaman luau dengan struktur dalamnya (skemata).Proses perkembangan intelektual seseorang berjalan dari disequilibrium menuju equilibrium melalui asimilasi dan akomodasi.
B.     Prinsip prinsip Konstruktivisme
Secara garis besar prinsip prinsip konstruktivisme yang diterapka dalam belajarmengajar adalah:
Ø  Pengetahuan dibangun oleh siswa sendiri
Ø  Pengetahuan tidak dapat dipindahkan dari guru kemurid ,kecuali hanya dengan keaktifan murid sendiri untuk menalar
Ø  Murid aktif mengonstruksi secara terus menerus sehingga selalu terjadi perubahan pada konsep ilmiah
Ø  Guru sekadar membantu menyediakan saran dan situasi agar proses konstruksi  berjalan dengan lancar
Ø  Menghadapi masalah yang relefan dengan siswa 
Ø  Strukutr pembelajaran seputar konsep utama pentingnya sebuah pertanyaan
Ø  Menemukan dan menilai pendapat siswa
Ø  Menyesuaikan kurikulum untuk menanggapi anggapan siswa

Dari semua itu hanya ada satu prinsip yang paling penting yaitu guru tidak dapat hanya semata mata memberikan pengetahuan kepada siswa.Siswa harus dapat membangun pengetahuan didalam benaknya sendiri.
C.teori Belajar Menurut Piaget
Dalam teori pembelajaran konstruktivisme anak dituntut agar mampu mengembangkan dirinya  sendiri  teori ,guru hanya memberikan sedikit stimulus kepada anak.Jadi dalam teori ini geru hanya sebagai fasilitator saja.Pembelajaran berdasarkan pada teori humanisme cocok diterapkan pada materi  yang sifatnya  mampu membentuk kepribadian ,hati nurani,perubahan sikap dan analisis terhadap perubahan fenomena sosial.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memahami makna lagu "Who You Are" (Jessie J) Dalam Kaitannya Dengan Gaya Hidup Remaja Putri Manggarai

MENGANALISIS MAKNA LAGU PERAHU RETAK DALAM KAITANNYA DENGAN SISTEM PERADILAN INDONESIA

Pengadilan Cinta - Cerpen Karya Rista Damu