teori konstruktivisme
salam hangat teman-teman semuanya, apakah hari ini anda masih bernafas
hahaha, itu cuma bagian pembuka dari saya
kali ini saya akan mempostingkan tentang teori konstruktivisme. teori ini saya dapat ketika saya mengambil mata kuliah psikologi belajar dan pembelajaran di semester 4. tentunya Anda tahu bahwa saya kuliah di STKIP ST. PAULUS RUTENG
selanjutnya silakan baca untuk teman-teman semua dan semoga tulisan saya bermanfaat untuk anda semua
Konstruktivisme
A.
Pengertian Teori Konstruktivisme
Asal kata
konstruktivisme adalah “to conctuct” yang artinya membangun atau menyusun
.Menurut Carin (dalam anggriamurti,2009) bahwa teori konstruktivisme adalah
teori belajar yang menekankan bahea para siswa sebagai penelajar tidak menerima
begitu saja pengetahuan yang mereka dapatkan,tetapi mereka secara aktif
membangun pengetahuan secara individual.
Teori konstruktivisme
didefenisikan sebagai pembelajaran yang begsifat generative,yaitu tindakan yang
menciptakan ssuatu makna dari apa yang dipelajari.Piaget menyatakan bahwa dalam
pikiran seorang anak dengan kegiata asimilasi dan akomodasi sesuai dengan
schemata yang dimilikinya proses tersebut meliputi:
v Skema/Skemata
Adalah
struktur kognitif yang dengannya seseorang beradaptasi dan terus mengalami
perkembangan mental dalam interaksinya dalam pikiran.Skema juga berfungsi
sebagai kategori kategori untuk mengidentifikasikan ransangan yang datang dan terus berkembang.
v Asimilasi
Adalah
proses kognitif perubahan skema yang tetap mempertahankan konsep awalnya,hanya
menambahkan atau merinci.Akomodasi adalah proses pembentukan skema karena
konsep awal sudah tidak cocok lagi.
v Equalibrasi
Adalah
proses keseimbangan antara asimilasi dan akomodasi sehingga seorang dapat menyatukan
pengalaman luau dengan struktur dalamnya (skemata).Proses perkembangan
intelektual seseorang berjalan dari disequilibrium menuju equilibrium melalui
asimilasi dan akomodasi.
B.
Prinsip prinsip Konstruktivisme
Secara garis besar
prinsip prinsip konstruktivisme yang diterapka dalam belajarmengajar adalah:
Ø Pengetahuan
dibangun oleh siswa sendiri
Ø Pengetahuan
tidak dapat dipindahkan dari guru kemurid ,kecuali hanya dengan keaktifan murid
sendiri untuk menalar
Ø Murid
aktif mengonstruksi secara terus menerus sehingga selalu terjadi perubahan pada
konsep ilmiah
Ø Guru
sekadar membantu menyediakan saran dan situasi agar proses konstruksi berjalan dengan lancar
Ø Menghadapi
masalah yang relefan dengan siswa
Ø Strukutr
pembelajaran seputar konsep utama pentingnya sebuah pertanyaan
Ø Menemukan
dan menilai pendapat siswa
Ø Menyesuaikan
kurikulum untuk menanggapi anggapan siswa
Dari semua itu hanya
ada satu prinsip yang paling penting yaitu guru tidak dapat hanya semata mata
memberikan pengetahuan kepada siswa.Siswa harus dapat membangun pengetahuan
didalam benaknya sendiri.
C.teori
Belajar Menurut Piaget
Dalam teori
pembelajaran konstruktivisme anak dituntut agar mampu mengembangkan
dirinya sendiri teori ,guru hanya memberikan sedikit stimulus
kepada anak.Jadi dalam teori ini geru hanya sebagai fasilitator
saja.Pembelajaran berdasarkan pada teori humanisme cocok diterapkan pada
materi yang sifatnya mampu membentuk kepribadian ,hati
nurani,perubahan sikap dan analisis terhadap perubahan fenomena sosial.
Komentar
Posting Komentar