OPINI PENTINGNYA BUDAYA LITERASI BAGI MAHASISWA
PENTINGNYA
BUDAYA LITERASI BAGI MAHASISWA
(KlaudiusMarsianusJuwandy)

Ditinjaudariaspekliterasimembaca,
Indonesia menempatiperingkat ke-39 dari 41 negara yang disurvei di kawasan Asia
(Muslich,2011:4)1.
Fenomenainicukupmemprihatinkanmengingatdenganmembudayakanliterasikitamampumenjangkausegalasesuatu.
Budayaliterasiseharusnyaditanamkandalansetiapsegikehidupankhususnyabagimahasiswadalamduniapendidikanmengingatmahasiswadipersiapkanuntukbersaingdalamdunia
global.Sayangnya, mahasiswa yang disebutsebagaikaumintelektualbelummenjadikanbudayaliterasaisebagaibagiandarikehidupanmereka.Bahkantakjarangmahasiswamengalamikemandekandengandunia
yang semakincanggih.ApalagisekarangnegarakitaRepublik Indonesia
mencanangkanbudayaliterasimelaluiKurikulum 2013.Hal inimenjadipukulantelakbagimahasiswa
yang dipersiapkanmenjadi guru danmencerdaskankehidupanbangsanamunbudayaliterasi
yang sangatrendah.
Padadasarnya,
budayaliterasimerupakansalahsatucarauntukmeningkatkanwawasanterkaitduniapendidikandansecaratidaklansungmeningkatkan
status Indonesia dalambudayaliterasidunia.
Pertama, kurangnyamotivasiberkaitanminatmembacadalamdirimahasiswamenjadisalahsatumasalahutamaterkaitminatmembaca.Apalagi
di dunia yang semakincanggihinimenciptkanmahasiswayagbermentalinstan. Internet
seakanmembentukmahasiswamenjadimahluk copy-paste tanpamemahamiapa yang
diambildari internet.Takusahjau-jauh, jikaadamahasiswa yang
dimintamenganalisissebuah novel, maka yang terpikirkanadalah internet dansinopsis
novel tanpamembaca novel tersebut.Hal inimenjadikanbudayaliterasimengalamikemunduran.
Kedua, hal yang
menyebabkanmundurnyabudayaliterasiadalahpopulernyaduniamayadalamdirimahasiswa.
Inimenjadisalahsatukegiatanrutinmahasiswa.Setiapharimerekalebihbanyakmenghabiskanwaktuuntukberkomunikasi
di duniamayatanpameluangkanwaktuuntukmembaca.Padahaljikamahasiswamenyisihkawaktu
1 jam sajauntukmembacasetiapharimakasemakinluaswawasan yang diperolehmahasiswa.
Namunmahasiwatidakmenyadarihalitukarenaterlarutdalamteknlogi yang
semakinmembodohkanmahasiwa.Kepopuleranduniamayaseakanmenggelamkanbudayaliterasidanmembuatmahasiswatidakbisaterlepasdenganduniamaya.
Ketiga,
tingginyaminatmenonton yang adapadadirimahasiswamenyebakanbudayalitersaidinomorduakanolehmahasiswa.Hal
inidisebabkanolehmaraknyaacara-acara yang mampumenenggelamkankemenarikanbahanbacaan.Mahasiwalebihsukamendapatkaninformasimelaluitontonadansecaralisankarenamenontontelevisiataumendengardari
orang lainakanlebihmudah, cepatdantidakbertele-tele. Dibandingkandenganmembaca
yang membutuhkanwaktudanketekunanuntukmenelusurilembar demi lembaruntukmendapatkaninformasi.
Keempat,dayabelimahasiswa
yang rendahterhadapbuku.Hal inicukupmencengangkanmengingatmahasiswa yang tidakterlalumemilikikebutuhanhidup
yang banyak.Merekalebihrelajikauangdibakarataudimakanangindaripadamembelisatubahanbacaan.
Bukumenjadihal yang tidakpentingketikadalamdirimahasiswatidakbisamemilihkebutuhan
yang diutamakan.
Kampussebagailembagapendidikantertinggisudahsangatbagusdaammenyediakanbahanbacaan.Namunhalinitidakdimanfaatkanolehmahasiswa
yang memilikititel da peran yang sangatpenting. Sebagaifigurpenting yang
bisamemberikankontribusinyatabagikehidapansosialdituntutuntukmenjadiinovatordanmemberikanpemikiran-pemikira
yang cemerlang yang
bisadimanfaatkansecaranyatadalamkehidupanbermasyarakat.Sebagaipenerusbangsa,
mahasiswadiharapkanmampumenciptakangagasan-gagasan yang bernilaitinggisehinggatidaksalahjikabangsainimeenyimpanharapan
yang besardalamdirimahasiswa.Hal
ituhanyadapatdiraihmahasiswamelaluikegiatanmembaca.Namunhaliniberbandingterbalikmengingatbanyaknyafenomena
yang terjadidalamkehidupanmahasiswa yang
tidakpernahmenyadaribahwacirikhasmerekasebagaikaumintelektualadalahdenganmengembangkanbudayaliterasi.
Berbagairuangtelahdisediakanoleholehzamandenganmudahnyamengaksesbahanbacaandengan
internet yang kemudiandisalahgunakanmahasiswa.Sayangnya, meskipunbudayaliterasiinisangatpenting,
tingkatkesadarankitamasihsangatrendah.
SOLUSI
Melihatkenyataansepertiini,
penulismencobauntukmemberikansolusi.
Pertama,
sebagaicalon guru, kitadiharapkanmampumemberimotivasikepadapesertadidiktanpamelupakanbahwakitajugaharusmampumengembagkanbudayaliterasiuntukdirikitasendiri.Sadarakanpentingnyabudayaliterasimenjadihal
yang mendasaruntukmeningkatkanbudayaliterasiterkhususbagimahasiswa. Kita
harustahudanwajibmengembangkanbudayalitersimengingatkitadipersiapkanuntukmenjawabsemuamasalah
yang adadalamligkungansosial.Hal ituhayabisadiatasidenganmembacadanterusmembaca.
Kedua, di zaman
yang semakincanggihini, hendaknyakitasebagaikaumintelektualharusmampumemilahapa
yang ditawarkanolehteknologi. Jangansampaikitamerasatergantungpadadunia yang
semakincanggihdanmembodohkankita.Menyiapkanwaktuuntukmembacaakanmengurangiketergantungankitasebagikaumintelekpadaduniamaya.
Komentar
Posting Komentar